Minggu, 22 Mei 2011

Mengulik Acer Iconia Tab A500


Acer iconia tab a500 adalah tablet PC yang 'benar-benar' tablet PC pertama di Indonesia. Karena menggunakan OS android yang khusus untuk tablet yaitu Honeycomb. Sebelumnya kita mungkin sudah mengenal Samsung Galaxy Tab, kemudian banyak produk lokal yang menirunya, tapi masih menggunakan froyo yang didesain untuk smartphone. Bahkan si nomor satu ipad pun menggunakan OS yang sama dengan iphone. Jadi baik galaxy tab maupun ipad cenderung lebih cocok digunakan dengan layar berdiri atau potrait. Android honeycomb lebih didesain digunakan dengan layar landscape. Dan karena perangkat android honeycomb ini benar-benar komputer tablet, jangan mengharapkan bisa menggunakannya untuk menelpon atau sms. Maka itu tablet ini tak harus selalu aktif, bisa digunakan seperlunya seperti notebook kita.

Harga tablet ini 4,29jt yang 16GB dan 5,09jt untuk yang 32GB. Jadi saya pikir dengan spek yang lebih baik, memori lebih besar. layar lebih lebar tapi dengan harga dibawah tab yang 5,9jt. Saya pikir cukup bijak kalau kita pilih tablet pc yang ini. Tapi anda juga akan sedikit 'dipaksa' mengeluarkan uang 350rb untuk pelindungnya. Saya baru saja membelinya, jadi saya ingin membagi pengalaman saya kepada anda.

- Desain

Kesan pertama saya melihatnya adalah tablet ini terlihat berkelas, terlihat mahal. Menggunakan kasing aluminium unibody tablet ini terasa solid, tapi agak licin. Sebelum memutuskan membeli tablet ini saya sudah melihat beberapa review dibeberapa situs teknologi. Yang saya catat engadget menyebut ada masalah pada rancang bangun tablet ini. Tapi saya tidak menemukan itu. Semua oke-oke saja.

Dibagian atas tablet kita akan menjumpai tombol volume, tombol pengunci layar slot micro sd dan slot simcard. Dibagian kiri ada tobol power, jack audio 3.5mm, kemudian port HDMI. Disebelah kanan ada port charger, port micro usb dan port usb standar, dan dibagian bawah ada port buat docking station.

- OS

Ini adalah perangkat android pertama saya, saya masih belum terbiasa ini. KIta akan mempunyai 5 homescreen yang bisa kita custom, kita bisa menekan + di pojok kanan atas untuk menambahkan widget atau shortcut. Kita bisa memindahkannya atau bahkan menghapus shortcut dengan mudah dengan menekan dan menahannya kemudian kita bisa letakkan ditempat yang kita inginkan atau bila kita ingin menghapusnya bisa kita tarik ke pojok kanan atas yang ada icon sampahnya.

Sebagai pengguna symbian yang lama banget, saya banyak mengalami kebingungan. Kalau disymbian kita dengan mudah bisa melihat aplikasi aktif, disini tidak. Disymbian kita jelas pilihannya aplikasi ini kita sembunyikan atau kita tutup. Jadi saya membutuhkan aplikasi task manager untuk membantu saya. Kemudian tidak disertakan file manager disini, jadi saya perlu mengunduh aplikasi ini dimarket.

Salah satu syarat tablet honeycomb adalah prosesor 2 otak Nvidia tegra 2 dan acer juga mnggunakan GPU Geforce sehingga tablet ini cocok untuk game. Multi taskingnya juga mulus, sangat cepat, tidak ada lag sedikitpun.

-Fitur lain

Yang membuat saya memutuskan untuk membeli tablet ini adalah tablet ini punya fitur komplit. Kamera belakang 5mp dan kamera depan 2mp. Port HDMI untuk dual display dengan TV LCD, kemudian port USB ukuran normal. Kita bisa dengan mudah menggunakan Flashdisk dan membaca filenya. Acer juga menyertakan aplikasi khusus seperti social jogger, photo browser 3D.. Disertakan 3 game 3D yaitu Need for speed shift, hero of sparta dan let's golf. Keluaran suranya sangat baik dengan dolby mobile.

Cek video berikut

Demikian dulu lainkali dilanjutkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar